KARAWANG, TAKtik – Dua desa di daerah lumbung padi Jawa Barat dinyatakan rentan pangan. Yakni, Desa Pusakajaya Selatan Kecamatan Cilebar, dan Desa Tanjung Kecamatan Banyusari. Keduanya berada di wilayah Kabupaten Karawang.

Yang menjadi penyebab, dikatakan Kepala Dinas Pangan Kabupaten Karawang Kadarisman, karena faktor lemahnya ekonomi masyarakat setempat, selain rusaknya infrastruktur di kedua desa tersebut. “Ini hasil pendataan dari Badan Pusat Statistik (BPS). Selain itu terdapat 15 desa lain yang juga tergolong rentan pangan,” ungkapnya, Rabu siang (5/7/2017).

Lebih lanjut dikatakannya, data lain dari BPS  terungkap bahwa faktor lain yang menjadi penyebab adalah akses pendidikan yang masih sulit dijangkau masyarakat. Oleh karenanya, Kadarisman memastikan, kondisi ini menjadi fokus perhatian pemerintah daerah untuk melakukan perbaikan secara menyeluruh.

“Melalui Pokja OPD seperti halnya Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat akan memperbaiki infrastruktur. Atau Dinas Koperasi bergerak membantu peningkatan UKM, dan OPD lain sesuai bidang garapannya masing-masing,” jelas Kadarisman lagi. (tim/tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here