Sungai Kalimalang pun Tercemar Limbah B3?

KARAWANG, TAKtik – Bukan hanya Citarum dan Cibeet, sungai Irigasi Tarum Barat pun diduga kuat sudah tidak steril lagi dari pencemaran limbah cair berbahaya.

Hal itu setelah pihak kepolisian dari Polres Karawang turun ke Dusun Ciherang, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur untuk memastikan kebenaran laporan warga setempat, Selasa petang (11/12/2018). Di sini polisi menemukan gudang pembuang limbah cair B3 yang diduga dibuang ke irigasi tersebut yang dikenal Kalimalang.

“Pemilik gudang sengaja membuang limbah B3 cair ke aliran Kalimalang. Aksi itu terdekteksi oleh warga sekitar yang mencium bau busuk dari arah gudang. Warga kemudian melaporkan hal itu kepada kami,” ungkap Kapolres Slamet Waloya kepada para awak media, Rabu (12/12/2018).

Kini, polisi sudah memasang garis polisi di sekeliling gudang itu. Sampel dari air yang diduga limbah tersebut, sebut Kapolres, telah diambil Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang untuk diteliti di laboratorium.

Modus terduga pelaku, terlacak polisi, membuang limbah cairnya pada malam hari menggunakan mobil pickup. Mengenai sanksi hukum, Kapolres katakan, masih nunggu hasil laboratorium. (tim/tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here