Bobot Tubuh Sunarti 148 Kilogram. Betulkah Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Mie?

KARAWANG, TAKtik – Lagi, penderita obesitas dialami warga Karawang. Yakni, Sunarti (39) yang tinggal di Perumahan Terangsari Blok E9 Nomor 25, Desa Cibalongsari, Kecamatan Klari. Berat badannya kini mencapai 148 kilogram dari semula 60 kilogram.

Perubahan berat badan tersebut, Sunarti akui, sejak dua tahun lalu. Pemicunya, ditengarai oleh pola makan yang tidak teratur. Bahkan tatkala suaminya sedang tidak di rumah, Sunarti kerap mengkonsumsi mie bakso, mie ayam, hingga mie instan.

Sunarti yang berasal dari Kembangan Utara, Jakarta Barat, kini dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Karawang. Saat ditemui para awak media di ruangan ini, Rabu (30/1/2019), ia juga tidak memungkiri bila dirinya tergolong malas berolahraga. Setiap hari lebih banyak duduk, makan, dan tidur.

Sejak bentuk fisiknya berubah drastis, Sunarti merasa kesulitan bergerak. Kendati demikian, dirinya tidak pernah mau memeriksakan kesehatannya ke rumah sakit. “Boro-boro mau periksa, saya tidak bisa ke mana-mana. Mau berjalan saja sulit, palagi tidak ada yang mengantar,” ujarnya.

Diakui Yani, suami Sunarti, ia jarang pulang ke rumah dan menengok istrinya di Karawang karena terlalu sibuk mencari nafkah di Jakarta. Namun untuk memenuhi kebutuhan materi, Yani mengaku rutin mengirim uang. Kini, Sunarti masuk rumah sakit setelah kondisi fisiknya itu menjadi viral di media sosial.

Pemkab Karawang melalui Dinas Kesehatan membawa Sunarti ke Rumah Sakit Intan Barokah, Klari. Setelah itu dirujuk atau dipindahkan ke RSUD. Tatkala ditimbang, bobot tubuh Sunarti ternyata 148 kilogram dari sebelumnya sempat dihebohkan mencapai 250 kilogram. (tim/tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here