Jika di Pemilu 2019 Masih Ada Curah Hujan, Kotak Suara Tetap Aman?

KARAWANG, TAKtik – Jika pun pada pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 masih terjadi hujan di wilayah Kabupaten Karawang, KPU setempat yakin, kotak suara berbahan kardus itu tetap aman dari kerusakan bila tersiram air.

“Ya mudah-mudahan memasuki April mendatang sudah tidak musim hujan lagi. Kalau memang cuaca seperti sekarang, banyak curah hujan, kotak suara tetap aman jika terkena air. Karena terlapisi plastik dari dalam maupun luar kotak suara,” kata Ketua KPU Karawang, Miftah Farid, akhir pekan kemarin.

Sedangkan langkah antisipasi untuk TPS (Tempat Pemungutan Suara), Farid memastikan, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) yang di wilayah tugasnya terdapat area rawan bahkan rutin banjir sudah punya pilihan-pilihan alternatif dalam menempatkan TPS yang aman.

Di antara daerah langganan banjir seperti di wilayah Kecamatan Telukjambe Barat, Ketua PPK-nya, Agus Tohaeri, mengatakan, terbanyak titik banjir langganan hanya di Desa Karangligar. Di sini terdapat 7 buah TPS yang dipastikan bisa dialihkan ke tempat aman dari genangan banjir apabila di bulan April 2019 musim hujan masih terjadi.

“Desa lainnya seperti Mekarmulya hanya 1 titik TPS yang biasa rawan banjir. Sedangkan di Desa Parungsari maupun desa-desa lainnya yang perkampungan penduduknya di bantaran Sungai Cibeet, selama ini tergolong tetap aman dari banjir. Kita berharap sih memasuki April cuaca sudah kembali cerah,” ujar Agus. (tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here