Mendekati Arus Mudik Lebaran, Polisi Mulai Tutup Titik Putar Arah Kendaraan di Jalur Jalan Arteri dan Pantura

KARAWANG, TAKtik – Polantas Polres Karawang mulai menutup u-turn (tempat putar balik arah kendaraan) di sepanjang jalan arteri dan pantura. Dari 85 titik target penutupan, sejak Rabu siang (22/5/2019) baru 7 titik.

Hal itu dilakukan polisi untuk memperlancar arus mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah maupun arus balik setelahnya. Pada arus jalan tersebut, jelas Kasatlantas Polres Karawang Bariu Bawana, pihaknya cukup menyisakan 7 titik u-turn yang dibiarkan terbuka. Yakni, dari perbatasan Kabupaten Bekasi hingga Subang.

“Penutupan u-turn dilakukan agar pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor tujuan Cirebon dan selanjutnya tidak terganggu kendaraan lain yang berputar arah. Ini kami lakukan secara bertahap. Targetnya, selesai tanggal 29 Mei mendatang,” kata Bariu kepada para awak media di lokasi kegiatannya.

Bagi warga Karawang dan sekitarnya yang tidak mudik, saat melintas jalur jalan itu tetap diberikan akses untuk berputar arah. Bariu menyebut, titik putar arahnya di bunderan Kepuh maupun bunderan Charles yang ada di Jalan Baru. Termasuk di bunderan Sasak Misran, bunderan Pancawati, bunderan Dipo Pertamin, serta dua putar balik di Kecamatan Jatisari di jalur jalan arteri Karawang-Patokbesi.

Dikemukakannya pula, u-turn ditutup menggunakan 117 water barier, 310 cone, 40 railing, 3.720 tolo-tolo, 160 buah barier beton, berikut 30 rambu portable. “Kami mengimbau masyarakat sekitar agar tetap mematuhi peraturan lalulintas. Dalam operasi ketupat yang merupakan operasi kemanusiaan hendaknya seluruh lapisan masyarakat turut serta membantu dan menyukseskan kegiatan tersebut,” serunya. (tim/tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here