Penyebab Terbakarnya Dua Lereng Gunung di Tegalwaru Karawang Belum Diketahui Pasti?

KARAWANG, TAKtik – Terbakarnya lereng Gunung Cengik dan Gunung Sirnalanggeng di tengah kemarau panjang di wilayah Kecamatan Tegalwaru, Senin siang (21/10/2019), belum dipastikan penyebabnya.

Spekulasi yang berkembang di tengah warga sekitar, itu bisa karena puntung rokok atau gesekan pohon bambu kering yang menimbulkan panas hingga menyulut percikan api. Kebakaran tersebut, menurut Ojos yang kader lingkungan hidup setempat, terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

Kata dia, api sempat merampat ke area pemukiman warga. Beruntung, petugas pemadam kebakaran bersama warga cepat bertindak memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Selain itu, keterangan lain yang disampaikan Kepala Urusan Humas Polres Karawang Wahyu Kurniawan, kebakaran juga terjadi pada area perkebunan bambu milik PT Sentraloka.

“Angin kencang membuat api berkobar besar dan cepat menjalar ke ilalang di sekitarnya. Ada sekitar 5.000 meter lahan yang terbakar,” jelas Wahyu sambil menyatakan pula bahwa penyebab kebakaran perkebunan bambu itu masih diselidiki. (tim/tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here