Kereta Rel Listrik atau Commuter Line Bakal Diteruskan sampai Karawang Mulai Tahun 2020?

KARAWANG, TAKtik – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana melanjutkan membangun jaringan listrik untuk KRL (Kereta Rel Listrik) atau Commuter Line dari Cikarang sampai stasiun Karawang pada tahun 2020.

Hal itu dikatakan Deputi EVP 1 Daerah Operasional 1 PT KAI Sofyan Hasan saat kegiatan perusahaannya di stasiun Karawang, Kamis (31/10/2019). Menurutnya pula, kemungkinan besar jaringan ke arah timur akan ditambah lagi hingga ke Stasiun Cikampek.

Setelah KRL diperpanjang, Sofyan pastikan, intensitas layanan kereta api dari daerah ini ke Jakarta atau sebaliknya bakal lebih padat. Bisa per jam bahkan lebih. Dan perpanjangan trek KRL, Sofyan akui, awalnya hanya diprogramkan sampai Cikarang. Namun, pihak Ditjen Perkeretaapian menginginkan sampai Karawang, bahkan Cikampek.

“Program tersebut sebenarnya tidak terlalu rumit untuk dilaksanakan. Pihak Ditjen KA tinggal membangun tiang listrik di sepanjang rel yang telah tersedia. Sedangkan relnya menggunakan rel lama. Untuk unit KRL sendiri masih banyak yang bisa dioperasikan. Jika masih kurang, tinggal memesan ke Jepang,” beber Sopyan.

Selain itu, PT KAI juga sedang berupaya menambah kecepatan laju kereta. “Kami punya KA Argo Parahyangan Excellent yang melayani rute Jakarta-Bandung. Kami upayakan waktu tempuhnya hanya 2 jam 50 menit. Upaya mempercepat waktu tempuh tidak ada kendala berarti. Hanya beberapa titik yang memang laju kereta agak sedikit dikurangi seperti di Kedunggede, Bekasi dan Cikarang yang relnya menikung tajam,” urainya lagi. (tim/tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here