Karawang Lagi-lagi “Zero” dari Kasus Baru Covid-19? Ada Beda Data Fantastis antara Hasil Rapid Tes dan Swab Tes? Kenapa?

KARAWANG, TAKtik – Kembali, Sabtu ini (9/5/2020), tidak ada data yang diungkap Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang mengenai kasus baru yang terkonfirmasi positif covid-19.

Tim ini hanya merilis terdapat 3 orang pasien meninggal dunia. Kendati sudah dimakamkan sesuai protokoler kesehatan, menurut juru bicara tim Gugus Tugas Fitra Hergyana, ketiga almarhum hanya dinyatakan positif covid-19 melalui rapid tes. Sedangkan uji swab tes-nya hingga dua kali, hasilnya tetap negatif.

Lagi-lagi, pasien yang meninggal tersebut memiliki riwayat penyakit berat sebagaimana pasien-pasien gugur sebelumnya yang dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19.

Pernyataan menarik lainnya dari Fitra bahwa pasien positif virus corona di Karawang yang diketahui berdasarkan hasil uji swab tes hanya 17 orang. Sedangkan ada yang 120 orang adalah reaktif rapid tes. Diperjelasnya pula, reaktif rapid tes belum dikategorikan positif virus corona sebelum ada hasil uji swab tes.

“Pasien reaktif perlu tes lanjutan berupa swab tes agar hasil lab akurat. Maka kita kategorikan orang yang positif pada tes rapid, perlu dikonfirmasi lebih jauh melalui tes swab. Rapid tes sebagai tes awal saja,” beber Fitra. (tim/tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here