Ada Pejabat Baru Dilantik Setelah Tertunda 5 Bulan Lebih. Kenapa?

KARAWANG, TAKtik – Baru Jum’at ini (19/6/2020) Yudi Yudiawan bisa dilantik oleh Bupati Cellica Nurrachadiana menjadi kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang.

Sebelumnya, 7 Januari 2020, bersama 18 orang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama lainnya, Yudi turut dirotasi dari jabatan sebelumnya sebagai kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Penundaan pelantikan Yudi tersebut pada jabatan barunya itu, jelas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang Asep Aang Rahmatullah, karena harus ada penetapan pemberhentian dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Selain itu, sambung Aang, mesti ada ijin pelantikan dari Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri sesuai amanat Permendagri Nomor 76 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pejabat pada Unit Kerja yang Menangani Urusan Pengadministrasi Kependudukan di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Setelah semua syarat itu dipenuhi, yang bersangkutan (Yudi Yudiawan) bisa dilantik di jabatan barunya sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang. Sedangkan kursi kosong yang ditinggalkan Yudi di Disdukcapil akan diisi dari hasil open bidding. Untuk sementara Yudi ditugaskan sebagai Plt (pelaksana tugas) di sana selain fokus pada tugas barunya di Disparbud,” kata Aang.

Pelaksanan open bidding sendiri, dikemukakan oleh Cellica, masih menunggu rekomendasi dari KASN (Komite Aparatur Sipil Negara). Dan ijin dari Mendagri sudah turun buat mengisi 6 kursi kosong yang harus dijabat JPT Pratama. Sedangkan pada tahun 2020, disebutkannya, akan ada 10 JPT yang kosong. (tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here