DPRD : Perusahaan di Karawang Harus Turut Bangun Sekolah untuk Pasar Kerja

KARAWANG, TAKtik – Ke depan pihak perusahaan di daerah bisa turut mengembangkan dunia pendidikan, khususnya sekolah kejuruan (SMK) yang dibutuhkan pasar kerja.

Dikemukakan Taman dari DPRD Karawang, daerah ini sedang menggodok Raperda Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (CSR) yang arahnya ke pengembangan kualitas siswa yang siap pakai sesuai perkembangan teknologi industri.

“Raperda CSR yang sedang kami godok di pansus lebih fokus bagaimana kalangan industri di Karawang bisa ikut mengembangkan dunia pendidikan yang menciptakan calon tenaga kerja profesional dan berdaya saing tinggi,” ujar Taman yang anggota pansus raperda ini, Rabu (8/7/2020).

Ia yang duduk di Komisi IV DPRD Karawang menjelaskan pula bahwa di komisinya sempat kunjungan kerja ke Kabupaten Bekasi terkait hal yang sama dengan konten Raperda CSR. Menurutnya, di kabupaten tetangga itu komisinya sudah menggali informasi mengenai program pengentasan pengangguran.

“Di Bekasi sudah ada SMK khusus yang dibangun beberapa perusahaan otomotif melalui dana CSR. Lulusan dari sekolah ini sudah benar-benar siap kerja karena mereka selama tiga tahun digembleng kemampuan dan keahlian sebagaimana pasar kerja dari yang membangun sekolah tersebut,” tutur Taman. (tim/tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here