Kembali, Penyebaran Virus Corona di Karawang Melonjak?

KARAWANG, TAKtik – Jum’at ini (4/9/2020) muncul 19 kasus yang terkonfirmasi positif virus corona di Karawang. Semuanya bukan dari klaster tersentral, namun tersebar di beberapa kecamatan.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Karawang Fitra Hergyana menyebutkan, merebaknya kembali penyebaran virus corona di daerah ini membuat GTPP Jawa Barat menaikan status Karawang dari zona kuning menjadi zona orange.

“Rekor tertinggi penularan terjadi hari ini (4/9/2020). Sedangkan total warga kita yang positif terpapar covid-19 sudah melebihi 300 orang. Data rilnya dari GTPP ada 306 orang. Rinciannya, 173 orang sembuh, 125 orang masih dalam perawatan, dan 8 orang meninggal dunia,” ungkap Fitra.

Selain Karawang, daerah lain di Jawa Barat yang naik status ke zona orange adalah Cimahi, Kota Tasikmalaya, Bandung Barat, serta Majalengka. Fokus GTPP Jawa Barat, kutif Fitra, adanya klaster industri yang sempat muncul, termasuk di area perkantoran.

“Secara keseluruhan di Jawa Barat terjadi peningkatan cukup tinggi. Kami prediksi lonjakan terjadi saat libur panjang Agustus kemarin. Ada hilir mudik masyarakat. Itu mungkin salah satu faktornya,” kata Fitra sambil mengingatkan masyarakat agar tidak mudah percaya kabar tentang covid-19 di luar pernyataan resmi pemerintah atau GTPP. (tim/tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here