Disdik Pora Jamin SDN Plawad IV Diperbaiki Tahun Ini

KARAWANG, TAKtik – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdik Pora) Karawang menjamin, perbaikan SDN Plawad IV di wilayah Kecamatan Karawang Timur akan dilakukan pada tahun anggaran 2018 ini.

“Kita jamin tahun sekarang selesai diperbaiki. Kita di Disdik Pora sudah menerjunkan konsultan untuk menghitung kebutuhan anggarannya. Karena numenklatur di APBD adalah angka global buat perbaikan sekolah-sekolah rusak yang menjadi kewenangan Pemkab Karawang,” ujar Sekretaris Disdik Pora, Nandang Mulyana, Rabu malam (7/3/2018).

Ia juga berharap, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menyegerakan proses lelang buat perbaikan sekolah tersebut setelah konsultan selesai tugasnya. Nandang pertegas, bahwa kerusakan parah ruang kelas SDN Plawad IV telah mendapat perhatian SKPD-nya sejak tahun anggaran 2017. “Waktu itu masih ada kendala non teknis. Tapi kita bisa pastikan, tahun ini diperbaiki semua kerusakannya,” janjinya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan peserta didik di SDN Plawad IV terpaksa belajar sambil lesehan di lorong bangunan sekolahnya. Ini akibat ruang kelas mereka sudah tak lagi beratap karena material penyangga genting telah rapuh dimakan usia.

Hingga kini, upaya perbaikan yang diusulkan melalui Disdik Pora tak kunjung terealisir. “Kami tak mau ngajak anak-anak belajar di ruang kelas. Takut ketika bangunan ambruk menimpa mereka. Makanya lebih memilih tempat yang aman kendati sambil lesehan,” ungkap guru kelas III SDN Plawad IV, Agus Safei, Selasa (6/3/2018).

Diakuinya pula, murid-muridnya tersebut sempat dipaksakan belajar di ruang kelas itu. Namun saat hujan turun, semua basah kuyup dari atap yang bocor parah. Bahkan beberapa material penyangga atap nyaris roboh. Alhasil, sebelum jam belajar habis, Agus katakan, anak-anak disuruh pulang lebih awal. (tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here