Karawang Mulai Disuplay Vaksin Sinovac. Siapa Orang Pertama yang Divaksin?

KARAWANG, TAKtik – Karawang baru akan mendapatkan suplay vaksin Sinovac, Rabu (27/1/2021). Vaksin ini bakal dikirim Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebanyak 19.600 pcs.

Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang menyebutkan, sejumlah vaksin tersebut mulai disuntikan secara massal dengan prioritas para tenaga kesehatan pada Jum’at (29/1/2021).

Selama berada di sini, kata juru bicara Tim Satgas Covid-19, Fitra Hergyana, Selasa (26/1/2021), vaksin akan dijaga ketat oleh aparat gabungan, antara lain TNI/Polri dan Satpol PP.

“Untuk orang pertama yang divaksin belum tahu siapa. Tapi yang jelas mayoritas dari tenaga kesehatan,” ungkap Fitra sambil menyatakan pula bahwa vaksin tidak akan diberikan kepada orang yang terpapar covid-19 maupun yang kontak erat dengannya.

Selain itu, sambung Fitra, adalah ibu hamil dan menyusui, orang bergejala ISPA, yang memiliki riwayat alergi berat, sedang dalam terapi jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah, yang punya riwayat penyakit jantung seperti gagal jantung atau jantung koroner.

Termasuk yang berpenyakit autoimun sistemik, mengidap gangguan ginjal kronis, rematik autoimun, saluran pencernaan kronis, hipertiroid, pengidap kanker, diabetes melitus, HIV dan tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg. “Ini sesuai petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” jelas Fitra. (rls/tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here