Road Show PKS Karawang ke Sejumlah Parpol. Adakah “Pesan Politik” Paska Pilkada 2020?

KARAWANG, TAKtik – Sejak terpilih menjadi Ketua DPD PKS Karawang hasil Musda tanggal 28 Desember 2020, Budiwanto bersama rekan pengurus lainnya langsung tancap gas melakukan road show politik ke parpol-parpol lain, terutama yang memiliki kursi di DPRD Karawang.

Kendati baru ke PDIP dan Gerindra yang sempat jadi lawan politik di Pilkada Karawang 2020, Golkar maupun NasDem pun yang satu gerbong koalisi kemarin mengusung Cellica Nurrachadiana-Aep Syaepuloh turut disambangi walau Demokrat akan menyusul didatangi Rabu (3/2/2021).

Adakah road show PKS di bawah nakhoda Budiwanto tersebut membawa pesan politik paska pilkada baru lalu? “Langkah kami ini sebenarnya menjalankan amanat Musda PKS. Salah satunya melakukan komunikasi dengan elemen daerah,” kata Budiwanto saat wawancara khusus dengan TAKtik, Jum’at malam (29/1/2021).

Tidak ia pungkiri, menghadapi pemerintahan baru di Karawang yang akan dipimpin duet Cellica-Aep perlu penguatan politik di lembaga legislatif, utamanya dalam mengejawantahkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) lima tahun ke depan.

“Setidaknya di awal (langkah) ini kita mencari titik temu dan menyamakan persepsi. Karena perubahan mendasar ada di lembaga ini (parpol-parpol). Di sini kita bangun komunikasi agar terbuka kanal-kanal di antara kami. Selama berdiskusi, rekan-rekan seperti di PDIP punya kesamaan pandang bagaimana menitikberatkan aplikasi RPJMD,” kata Budiwanto.

Dikemukakannya pula, Gerindra bicara tentang program-program padat karya misal di sektor pertanian. Golkar bahkan menyiapkan beberapa program yang menitik beratkan ke-ummat-an. Budiwanto yakin, parpol lain yang telah diagendakan kunjungan berikutnya memiliki kesamaan pandang bagaimana membangun Karawang untuk kesejahteraan masyarakat.

“Sebenarnya sekarang ini, setelah Pilkada 2020 usai, kita sudah harus bicara persamaan tanggungjawab dalam mengimplementasikan perlindungan hak-hak masyarakat, mencerdaskan, kesejahteraan dan perdamaian. Apalagi bagi kami yang kemarin di satu kubu koalisi mesti lebih bertanggungjawab mengawal janji-janji politik Cellica-Aep. Artinya, tidak lepas begitu saja setelah duet pasangan ini terpilih di pilkada kemarin,” tandas Budiwanto. (tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here