Akhirnya, Cellica-Aep Dilantik di Bandung, 26 Februari 2021

KARAWANG, TAKtik – Cellica Nurrachadiana-Aep Syaepuloh akhirnya akan dilantik di Bandung sebagai Bupati-Wakil Bupati Karawang periode 2021-2026, Jum’at (26/2/2021).

Sebelumnnya, pelantikan pasangan yang terpilih di Pilkada 2020 ini diminta oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Akmal Malik, dilakukan secara virtual. Cellica-Aep cukup tetap berada di Karawang dengan mengikuti prosesi sumpah jabatan melalui media teleconference atau video conference.

Pertimbangan Dirjen Otda tersebut melalui suratnya bernomor 131/966/OTDA tertanggal 15 Februari 2021 merupakan upaya mencegah penyebaran Covid-19. Walau ketentuan Pasal 164 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 jo Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 mengharuskan pelantikan bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota oleh gubernur di ibu kota provinsi.

Keputusan kemudian dengan mengembalikan tempat pelantikan sebagaimana amanat Undang-Undang tersebut, seperti rilis yang disampaikan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Karawang, Asep Aang Rahmatullah, adalah hasil rapat via video conference dengan Biro Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Rabu (24/2/2021).

“Pelantikan Ibu Cellica dengan Pak Aep tetap dilaksanakan secara langsung oleh Gubernur Ridwan Kamil di Bandung pada jam 14.00 WIB. Tempatnya di Gedung Arcamanik bersama empat pasangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih lainnya dari Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Pangandaran, serta Kota Depok,” jelas Aang.

Sedangkan teleconference melalui layar utama atau main screen di daerah masing-masing hanya untuk kalangan Forkopimda, termasuk anggota DPRD dan para kepala OPD. Di Karawang sendiri, kalangan ini telah disiapkan virtualnya di Gedung Command Center, Aula Gedung Singaperbangsa serta Ruang Rapat Paripurna DPRD.

Karena yang diundang menyaksikan langsung pelantikan Cellica-Aep di Bandung, kata Aang, hanya empat orang. Itupun dari keempat orang itu sudah termasuk pasangan yang dilantik. Hanya tidak dijelaskan, bagaimana penempatan keluarga terdekat Cellica-Aep saat mereka menyaksikan prosesi hari bersejarah keluarganya tersebut.

Usai melantik Cellica-Aep, keterangan lain yang disampaikan Aang, istri gubernur selaku Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat akan melantik pula Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dekranasda, Bunda PAUD dan Ketua Literasi Karawang, Sukabumi, Indramayu, Pangandaran, dan Kota Depok. (tim/tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here