Produk Pertanian dan Kelautan Karawang Berkualitas Ekspor?

KARAWANG, TAKtik – Produk pertanian dan kelautan Karawang banyak diminati pasar luar negeri. Sehingga peluang pasar ekspor daerah ini sangat terbuka lebar.

Hal itu dikemukakan Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Barat, Cucu Sutara, usai menghadiri Mukab KADIN Karawang di Resinda Hotel, Rabu (24/3/2021). “Ini potensi yang bisa digali para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya di sini,” ujarnya.

Oleh karenanya, Cucu menyarankan KADIN Karawang lebih fokus berusaha memanfaatkan peluang tersebut. Tidak ikut arus bermain di proyek-proyek pemerintah. Cucu juga mempertegas komitmennya membantu pemerintah daerah, terutama dalam hal pemasaran produk yang dikelola UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Keberadaan Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati, Cucu katakan, membuat kegiatan ekspor barang di Jawa Barat semakin mudah. Dan ia pertegas, KADIN Jawa Barat mensuport penuh kebijakan Bupati Cellica Nurrachadiana dalam meningkatkan ekspor produk Karawang.

Fadludin Damanhuri yang kembali terpilih menjadi ketua KADIN Karawang periode 2021-2026 menambahkan, untuk merealisasikan peningkatan ekspor produk Karawang perlu ada pelatihan khusus bagi produsennya agar mampu menjaga standar kualitas produk yang bisa diterima oleh negara tujuan.

Diakui Bupati Cellica, Karawang memiliki tempat budi daya udang vaname dan produk pertanian berkualitas. Dua produk itu, menurutnya, bisa dikembangkan KADIN sebagai komoditas ekspor. (tim/tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here